Advanced Search
More Search Options
we found 0 results
Your search results

Hal-hal yang Perlu Diperhatikan Ketika Membeli Rumah Pertama

Posted by Fitria on Juli 14, 2020
0

Membeli rumah biasanya menjadi prioritas bagi pasangan baru. Untuk urusan membeli rumah pertama kali, sebaiknya jangan terlalu menganggap enteng. Anda perlu berdiskusi dengan pasangan dan mengumpulkan banyak informasi mengenai membeli rumah. Membeli sebuah rumah tidak boleh sembarangan, tentu saja harus dengan perencanaan dan kesiapan yang matang.

Namun sayangnya, sebagian orang justru tergesa-gesa dan lupa mempertimbangkan beberapa faktor yang seharusnya di perhatikan ketika membeli rumah.

Nah, supaya hal itu tidak terjadi, berikut sobat MasukSini properti hal-hal yang perlu diperhatikan sebelum memutuskan untuk membeli rumah pertama.

1. Persiapkan Dana

Sebelum memutuskan untuk membeli rumah, ada baiknya jika Anda mempertimbangkan kemampuan finansial terlebih dahulu. Jika Anda ingin membeli rumah secara kredit, hal pertama yang perlu dipersiapkan yaitu DP (down payment) beserta kelengkapan berkas yang akan diajukan kepada pihak bank. Berikutnya, yang perlu Anda perhitungkan yaitu penghasilan tiap bulan, pastikan besarnya angsuran Anda tidak menjadi kendala untuk alokasi dana kebutuhan Anda sehari-hari.

Persiapan Dana

Seperti pada ilustrasi gambar diatas, dari penghasilan Anda tiap bulan bisa di bagi dengan alokasi dana lainnya sehingga beban angsuran tidak menjadi kendala keuangan Anda di kemudian hari.

2. Tentukan Lokasi

Ketika dana sudah di persiapkan dengan matang, hal berikutnya yang harus Anda perhatikan yaitu tentukan lokasi dimana Anda akan membeli rumah. Coba diskusikan penentuan lokasi dengan pasangan Anda, karena lokasi penting untuk hunian jangka panjang Anda. Misalnya, lokasi rumah yang akan Anda pilih dekat dengan dimana tempat kerja atau aktifitas sehari-hari Anda dan juga pasangan. Atau bisa juga lokasi rumah yang Anda pilih strategis artinya lokasi hunian yang Anda pilih bisa untuk buka usaha ke depannya.

 3. Pilih Developer atau Pengembang yang jelas

Jika Anda ambil rumah di perumahan, pastikan Anda memilih pengembang yang jelas. Karena dengan memilih pengembang yang sudah ternama, sudah pasti kualitas dan kwantitasnya bisa di pertanggung jawabkan baik dari segi desaign ataupun pembangunannya. Dan juga pastikan legalitas dari perumahannya pun jelas.

 4. Konsultasi dengan Agen Properti

Alangkahkah lebih baiknya jika Anda konsultasi terlebih dahulu kepada Agen Properti untuk mendapatkan solusi yang tepat untuk mendapatkan rumah impian Anda. Pastikan, Anda memilih Agen Properti yang profesional, untuk mendapatkan rumah beserta harga yang tepat sesuai dengan kondisi keuangan Anda.

Berikut beberapa hal-hal yang perlu diperhatikan ketika Anda akan membeli rumah. Semoga bisa memberikan pertimbangan dan manfaat untuk sobat MasukSini Properti.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Compare Listings

Need Help? Chat with us