Advanced Search
More Search Options
we found 0 results
Your search results

Yuk Pahami Apa itu Rumah Subsidi?

Posted by Fitria on Juli 14, 2020
0

Membeli rumah tentu saja menjadi daftar prioritas semua orang. Bagi sobat MasukSini properti yang saat ini belum memiliki rumah, membeli rumah subsidi bisa menjadi pilihan alternatif kalian yang belum memiliki rumah. Sebelum membahas terlalu jauh mari kita pahami terlebih dahulu, apa sih arti dari rumah subsidi itu sendiri?

Rumah subsidi adalah program hunian atau tempat tinggal yang diberikan bantuan oleh pemerintah sehingga harganya jauh lebih murah dan tidak di kenakan pajak atau PPN.

Namun, proses pembelian rumah subsidi ini harus betul-betul untuk kalian yang memang belum pernah membeli rumah. Karena kelengkapan berkas untuk pembelian rumah subsidi ini ada beberapa form yang harus kalian isi dengan sepengetahuan kelurahan dan kecamatan. Dan juga harus ada surat pernyataan belum punya rumah dari kelurahan. Pembelian rumah subsidi pun juga harus sesuai domisili kalian ya sobat MasukSini properti.

Berikut beberapa ketentuan berkas yang harus kalian siapkan ketika akan membeli rumah subsidi yaitu :

  1. Fotocopy KTP
  2. Fotocopy Kartu Keluarga
  3. Surat Nikah
  4. Surat Keterangan Belum Menikah dari kelurahan bagi yang belum menikah
  5. Slip Gaji selama 3 bulan terakhir (gaji pokok Rp 2,5 juta – Rp 6 juta)
  6. Surat Keterangan Kerja (minimal 2 tahun)
  7. Fotocopy Rekening Koran 3 bulan terakhir
  8. Pas photo
  9. Npwp

Hadirnya program rumah subsidi tentu sangat menggembirakan bagi kalangan masyarakat yang selama ini kesulitan untuk memiliki hunian. Kelebihan dari rumah subsidi yang bisa di rasakan oleh masyarakat antara lain harga yang terjangkau di bandingkan dengan KPR pada umumnya. Dari sisi pengembang juga pemerintah telah menunjuk para asosiasi yang terlibat di sektor properti. Adapun kelebihan lainnya adalah rumah yang dibangun bukan rumah inden melainkan rumah jadi.

Meski demikian, rumah subsidi juga ternyata memiliki beberapa kekurangan. Misalnya, karena harganya relatif terjangkau, maka spesifikasinya pun sangat standar atau seadanya. Selain itu, banyak juga lokasi rumah subsidi yang aksesnya sulit di tempuh atau jauh dari pusat kota.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Compare Listings

Need Help? Chat with us