fbpx
Advanced Search
More Search Options
we found 0 results
Your search results

Sebaiknya Beli Rumah Baru atau Rumah Second (Bekas)?

Posted by Hendy on Juni 24, 2017
| 0

Mempunyai rumah idaman merupakan cita-cita semua orang sebab rumah merupakan salah satu kebutuhan hidup.

Rumah dapat membawa keuntungan ekonomis sebagai penunjang kebutuhan hidup ataupun dijual di kemudian hari karena cenderung mengalami peningkatan harga dari tahun ke tahun.

Namun peningkatan tersebut pastinya akan menjadi beban bagi sebagian orang, karena masalah keuangan.

Namun pertanyaan yang muncul ketika Anda ingin membeli sebuah rumah adalah…

Sebaiknya Beli Rumah Baru atau Rumah Second (Bekas)?

Meskipun sama-sama untuk memenuhi kebutuhan, namun rumah baru atau rumah second tersebut tetap memiliki perbedaan. Berikut kelebihan dan kekurangan beli rumah baru atau rumah second.

Membeli Rumah Second

  1. Harga lebih murah dan terjangkau
    Rumah bekas pada umumnya lebih murah dibanding rumah baru dengan kondisi dan luas yang sama. Semakin lama usia rumah tersebut maka harganya juga makin murah..
  2. Lingkungan yang sudah terbentuk
    Rumah bekas biasanya memiliki lingkungan yang sudah terbentuk,. Artinya, dengan membeli rumah bekas biasanya sudah ada fasilitas umum disekitar rumah seperti taman,  tempat berolahraga dan tempat ibadah. Begitu pula dengan rumah tetangga yang sudah ditempati sehingga tidak kesepian . Oleh karena itu, perhatikan terlebih dahulu fasilitas dan juga lingkungan tetangga di sekitar rumah tersebut.
  3. Dapat langsung ditempati
    Rumah bekas biasanya sudah dilengkapi dengan berbagai fasilitas pokok seperti air, listrik, dan juga telepon. Banyak juga yang sudah dilengkapi dengan berbagai perlengkapan rumah tangga. Selain itu, surat-surat pun juga telah diurus oleh pemilik lama, sehingga Anda hanya perlu melakukan balik nama atas surat kepemilikan rumah tersebut.
  4. Harus cermat dalam memilih. Cermat dalam memilih rumah bekas sangatlah penting, agar Anda dapat mengetahui kondisi rumah yang akan anda beli. Kadang kala ada sebagian rumah bekas yang terlalu tua dan membutuhkan banyak renovasi, nah pastinya kalian tidak ingin kan mengeluarkan banyak dana untuk perbaikan. Belum lagi jika ada hal yang kurang sesuai dengan selera, pastinya juga perlu renovasi.

Membeli Rumah Baru

  1. Desain rumah
    Membeli rumah baru dapat memberikan Anda banyak kesempatan dalam mengatur tata letak dan segala atribut rumah, misalnya jumlah kamar, warna cat, hingga penataan aksesoris ruangan.
  2. Jaminan keamanan
    Tren perumahan baru saat ini biasanya ditata dalam bentuk Cluster. Sistem cluster biasanya hanya memiliki satu gerbang utama yang terdapat petugas keamanan 24 jam sehingga keamanan lebih terjamin. Selain itu sistem ini membuat kendaraan yang melewati depan rumah menjadi padat dan terbatas.
  3. Garansi
    Rumah baru biasanya memiliki garansi rumah sehingga bila terjadi kerusakan seperti misalnya kebocoran, maka Anda dapat menghemat biaya karena dapat memperbaiki dengan mengajukan klaim. Biasanya pihak developer juga menyediakan masa satu kali musim hujan untuk garansi kebocoran.
  4. Lingkungan yang belum terbentuk
    Rumah yang benar-benar baru biasanya belum memiliki lingkungan yang terbentuk sehingga Anda belum mendapat jaminan mengenai kelengkapan fasilitas umum. Bahkan tetangga sekitar pun juga masih minimum, sehingga cenderung sepi. Hal ini tentu menimbulkan risiko seperti risiko keamanan.

Rumah bekas memiliki keuntungan berupa:

  • Harga relatif bisa ditawar (disini tidak ada patokan harga baku kalau rumah tersebut tergolong murah atau mahal, kemampuan negosiasi/menawar harga sangat dibutuhkan)
  • Lingkungan yang sudah terbentuk

Sementara rumah baru memiliki beberapa keunggulan:

  • Harga sudah pasti sehingga kita tidak perlu bingung kalau rumah tersebut dikatakan murah atau mahal (kenaikan harga di kemudian hari bisa diproyeksikan)
  • Kualitas bangunan baru sehingga lebih kuat
  • Memberikan kebebasan dalam mengatur desain rumah sesuai keinginan

Diskusikan dengan seluruh anggota keluarga dalam memilih rumah idaman Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

  • Berlangganan Email




Compare Listings