Advanced Search
More Search Options
we found 0 results
Your search results

RUMAH, Termasuk Aset atau Liabilitas ?

Posted by Fitria on Juli 3, 2020
0

Tentu semua orang sudah tak asing lagi dengan istilah aset dan juga liabilitas. Aset dan Liabilitas seperti dua sisi mata uang yang tidak mungkin terpisah dan selalu berkaitan. Seperti yang kita ketahui pada umumnya, aset dapat diartikan sebagai harta atau sesuatu yang memberikan pemasukan. Sedangkan liabilitas adalah pengeluaran atau bisa disebut sebagai kewajiban / hutang. Namun pada kenyataannya banyak orang yang salah mengartikan antara aset dan liabilitas.

Mari kita pahami dari pengertian tersebut diatas, apakah rumah yang kita miliki termasuk dalam kategori aset atau justru termasuk liabilitas. Semua kekayaan yang kita miliki apakah memang sebagaimana sifat aset yang sesungguhnya memberi manfaat dan aliran kas masuk, ataukah semua kekayaan yang kita miliki sebenarnya justru liabilitas? Susunlah daftar kekayaan Anda atau coba berilah rating pada kekayaan Anda.

Kita mulai pembahasan, misalnya rumah bisa disebut sebagai aset tapi juga bisa disebut sebagai liabilitas, kenapa?

  1. Rumah bisa disebut sebagai aset jika, menghasilkan manfaat ekonomi di masa depan untuk pemiliknya. Misalnya, jika rumah yang kita tempati saat ini memiliki lokasi strategis dekat dengan pusat kota, perguruan tinggi negeri maupun swasta, bisa kita manfaatkan untuk tempat kost. Yang tentu saja menghasilkan profit tiap bulannya. Dan pertambahan nilai jual pada rumah juga semakin hari semakin mahal tentu saja untuk investasi di bidang properti khususnya rumah bisa menjadi salah satu pilihan investasi berjangka yang menghasilkan.
  2. Akan tetapi rumah juga bisa dikatakan sebagai liabilitas jika, pemanfaatannya menimbulkan pengeluaran tanpa adanya pemasukan. Intinya Anda harus mengeluarkan uang secara berkala. Apabila rumah yang tidak di tempati dan juga tidak disewakan pastinya akan menimbulkan biaya-biaya yang harus di keluarkan. Salah satu contohnya : biaya perawatan rumah, karena jika rumah yang tidak dibersihkan dan dirawat rumah tersebut akan mengalami kerusakan, sehingga timbul pengeluaran yang tidak sedikit untuk merenovasi rumah.

Nah.. ini sedikit ulasan mengenai Rumah termasuk Aset atau Liabilitas. Tergantung  bagaimana kita sebagai pemilik untuk mengelolanya. Utamanya bagi kalian yang ingin investasi rumah.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Compare Listings

Need Help? Chat with us