Advanced Search
More Search Options
we found 0 results
Your search results

Trik Memasarkan Property yang akan Disukai oleh Konsumen

Posted by Hendy on Mei 27, 2014
| 0

Memasarkan properti memang tak semudah yang dibayangkan. Terkadang properti yang baik pun sulit dijual, lantaran strategi marketing yang kurang tepat pada sasaran yang sebenarnya.  Strategi promosi yang sudah dijalankan tentunya menjadi dasar dari program promosi Utama seperti Advertising  (Iklan dan MediaPlace) & Marketing Tools ( Media Cetak, Oudoor dan Sales Promotion Equipment)

Namun ada beberapa strategi yang sering tidak dilakukan karena program promosi yang kurang detail atau karena keterbatasan dukungan dari Team Marketing Communication.

Untuk mempermudah penjualan properti dengan Deep penetration langsung kepada konsumen disamping cara-cara promosi umum yang sudah dilakukan, ada kiat-kiat efektif yang bisa Anda coba :

1. Pengetahuan Sejarah dan perkembangan lingkungan

Kita  perlu mengetahui sejarah dan perkembangan dari sebuah kawasan, waktu mulai pembangunan kawasan, akses yang sudah ada dan akan dibuat. Blok atau klaster yang ditawarkan pertama, tahap-tahap progress pembangunan. Pembangunan fasilitas yang sudah ada, peningkatan harga dari pengembang dan nilai investasi. sampai mempelajari komunitas yang sudah ada di area tersebut. ini mempengaruhi keinginan untuk bergabung dan rencana-rencana masa depan gaya hidup konsumen itu sendiri.

2.  Kejelasan bentuk Unit
Saat memasarkan produk properti, buatlah gambaran virtual dari unit dengan sangat jelas dan lengkap seperti Artist Impression yang bagus atau maket yang sempurna. bila perlu buatlah Unit contoh atau Show Unit, konsumen akan merasa telah melihat project yang sesungguhnya dan menarik minatnya untuk ingin memiliki.

Banyak kelemahan yang ditimbulkan dari persiapan ini sehingga bisa menurunkan kredibilitas produk maupun developernya.

3.  Memperhitungkan setiap detail kelebihan-kelebihan produk.

Perhatikan hal2 yang penting bagi pelanggan. Harga jual minimal. Akses alternatif terhadap kemacetan lalu lintas. Siapa peminat berikutnya ketika akan dijual kembali, project lain yang sudah ada dan terintegrasi, Arah hadap bangunan, fisik dan pengembangan bangunan yang lebih baik. dan lainnya.
Bila kita sudah memahami hal penting yang sudah ada, perhatikan hal kecil terkait dengan hal itu.

4.  Konsep dan Tema Arsitektur yang memahami konsumen

Setiap konsumen punya impian tersendiri dengan bangunan dan konsep tinggal yang diminatinya.

Tema arsitektur juga berhubungan dengan disain antar ruang dari bangunan, pencahayaan alami dan tambahan, permainan warna yang elegan. Disain antar ruang menjamin kenyamana lalu lintas penghuni dalam berpindah ruangan sehingga penghuni menjadi nyaman untuk menempati. Apabila Tema arsitektur produk sudah terlanjur dikembangkan, Anda bisa mencari poin-poin tambahan lain yang bertujuan memberi kemudahan-kemudahan dan kenyamanan penghuninya.

Dalam mendisain, seorang arsitek berpengalaman juga memperhatikan lingkungan sekitar. Seperti arah matahari, posisi taman dan lain sebagainya

5.   Harga dan Cara bayar yang mudah

Pas, Mudah dan Cepat, Harga yang kompetitif sangat penting, Bentuk dari harga yang kompetitif ini adalah relatifitas dari kondisi dan Treatment yang dipersiapkan dalam pengembangan produk ini. Ada kelebihan-kelebihan tertentu yang akan ditambahkan untuk menempatkan harga yang kompetitif berdasarkan produk yang sudah atau sedang dijual dan bagaimana mekanisme cara bayar yang semudah mungkin yang disesuaikan dengan kemampuan konsumen.

6.  Media Promosi yang disesuaikan dengan kondisi konsumen.

Iklan di koran atau memasang spanduk bukan lagi dianggap pemasaran yang optimal. Anda harus tahu kapan dan di media mana sebaiknya beriklan. iklan di majalah property merupakan media yang cukup baik untuk beriklan. Saat ini media berbasis internet yang bergerak dibidang property juga sudah semakin banyak digunakan untuk pemasaran..

7. Sale on Project Location (Open House)

Sebagian besar konsumen yang sedang berburu properti lebih banyak tertarik untuk mengunjungi lokasi sebuah properti. Bagi mereka, ini sangat penting karena mereka dapat melihat sendiri kenyataan yang ada pada properti yang diminati. Jika harapan mereka terpenuhi, kemungkinan akan terjadi keputusan untuk membeli. Karena itu, trik open house dianggap sebagai salah satu cara untuk membangun kepercayaan antara anda dan konsumen.

8.  Continued Call Progress

Konsumen sebenarnya akan menghargai inisiatif Anda untuk menelpon pada saat yang tepat. Anda akan dinilai propfesional dan punya perhatian padanya. Hampir 90% dari keputusan membeli tidak langsung didapat pada saat yang singkat, tapi melalui Follow Up Customer. ini adalah salah satu Proses yang sangat penting dalam penjualan property.

9.  Greeting card access

Kirimkan kartu Ucapan kepada pelanggan sebagai tanda terima kasih atau ucapan hari-hari besar, sementara didalamnya  bisa di beri info event atau hadiah yang akan membuat mereka tertarik. Kirimkan kartu ini kepada pelanggan setiap terjadi pemesanan atau pembelian.

10. Friendship gathering

Carilah tempat kumpul-kumpul yang menyenangkan. Selenggarakan Gathering di daerah yang berdekatan dengan target konsumen. atau anda bisa juga menghadiri suatu acara komunitas yang sesuai produk Anda. Pertemuan langsung serta waktu yang cukup dapat membantu proses pengenalan produk Anda dan Peluang lebih besar akan diperoleh bila berhasil menemui calon pembeli dan mendiskusikannya dengan tuntas.

11. Local Blast Publishing

Gabungkan kekuatan radio atau koran lokal dengan kekuatan komunikasi modern seperti oudoor ads  dengan memberikan kesempatan berinteraksi dengan produk Anda, atau membuat program hadiah kecil dari respon konsumen, dari hal ini bisa harapkan kedatangan konsumen untuk mengambil hadiah ke kantor marketing Anda.

12. Front  Roads Customer Service dan Layanan setiap waktu
Ini adalah ujung tombak paling dekat dengan customer, Booth di tepi jalan atau di area Pengisian bensin, Public Rest Area atau Gerbang masuk area komersial seperti Shopping center atau Taman Hiburan Umum. buatlah tempat yang nyaman dan memberikan “Stop & Rest Point” seperti kursi atau tenda beristirahat.

Anda juga akan siap memberikan waktu transaksi yang luas bagi konsumen dengan bersedia melakukan transaksi kapan saja.

13.  Promosi pertemanan

Promosi dari mulut ke mulut (Word-of-Mouth)  masih menjadi kekuatan terbesar dalam penjualan. Orang lebih percaya teman-teman dan keluarga mereka. Berikan reward kepada pelanggan setia yang membawa orang-orang baru ke dalam Link Anda dan mendorong karyawan atau kolega yang lain untuk menyebarkan berita ke lingkungan mereka.

Hal ini dapat meningkatkan jangkauan pemasaran Anda dengan program referral ke dalam daftar email marketing dan media sosial.1

14. Digital marketing

Saat ini Digital Marketing dapat diandalkan membantu penyebaran informasi produk. Anda dapat Melakukan marketing secara Digital Line melalui SMS, Broadcast Media Massage atau TV cable, begitu juga dengan Online Marketing di Internet yang kini menjadi salah satu cara efektif dan murah yang dapat diperoleh memasang Pesan Iklan di Social Media atau iklan Jual Beli Rumah. Selain murah, mereka bisa dengan mudah dan fleksibel menayangan iklan properti di berbagai website. Ketika internet sudah menjadi bagian dari gaya hidup masyarakat, mereka pun bisa melihat iklan anda kapan saja dan dimana saja.

15.  Hadiah yang realistis

Siapkan hadiah untuk jenis penjualan tertentu dan mekanisme yang baik, hadiah sebaiknya yang benar-benar menarik dan fungsional,  bisa berhubungan dengan kebutuhan penggunaan produk itu sendiri seperti AC, Security Sytem atau perangkat pendukung operasional lainnya, atau hadiah menarik seperti Tour keluar negeri, Mobil yang bagus, Koin Emas dan lainnya yang sesuai dengan nilai yang dikeluarkan konsumen dan dapat digunakan secara langsung. Semakin cepat dan mudah sebuah Hadiah dapat digunakan, akan semakin tertarik konsumen untuk mendapatkannya.

16.  CSR (Corporate Social Responsibility)

Dengan menunjukkan rasa peduli Brand Anda terhadap isu di sekitar masyarakat/target market dengan melakukan kegiatan CSR (Corporate Social Responsibility) sambil mempromosikan  Produk yang ingin dipromosikan. Dengan kegiatan ini, brand Anda akan mendapatkan image baik dan disukai oleh masyarakat.

Well, ini adalah trik umum yang bisa dilakukan dengan tidak sulit, Banyak sekali strategy yang lebih luas sebagai  pola mempromosikan produk ini, saya berharap Anda dapat menemukan cara-cara baru yang lebih tepat dan jitu dan dapat membagi pengetahuannya kepada teman-teman dan Team.

sumber: klopidea.com

  • Berlangganan Email




Compare Listings