Advanced Search
More Search Options
we found 0 results
Your search results

10 Hal Penting Yang Perlu Diperhatikan Saat Beli Rumah

Posted by Hendy on Juni 24, 2017
| 0

10 Hal Penting Yang Perlu Diperhatikan Saat Beli Rumah

Ada beberapa pilihan dalam menginvestasikan uang. Ada yang suka menaruh dana di instrumen keuangan seperti saham, obligasi atau deposito. Namun ada juga yang memilih investasi di sektor riil seperti emas dan properti.

Masing-masing instrumen tersebut memiliki sisi positif dan negatif masing-masing. Misalnya properti. Instrumen ini memiliki catatan imbal hasil yang cukup besar jika dibanding dengan instrumen investasi lain. Sayangnya, properti tak cukup likuid. Dalam arti, untuk menjualnya membutuhkan waktu yang lama.

Nah, apakah Anda berencana akan membeli properti untuk investasi dalam waktu dekat? Jika iya, ada baiknya perhatikan beberapa hal penting di bawah ini ketika akan membeli properti:

  1. Lokasi

Ini merupakan aspek terpenting sebelum menentukan properti yang akan Anda beli. Pemilihan lokasi sebaiknya disesuaikan juga dengan kebutuhan Anda, misal lokasi dekat dengan tempat kerja atau sekolah putra-putri Anda.

Jika Anda melihat suatu daerah nantinya akan berkembang, misalnya akan dibangun sekolah dan infrastruktur di sekitarnya, sebaiknya belilah di daerah tersebut sebelum harga pasaran naik.

Jangan tergiur dengan harga super murah namun lokasi tidak strategis, karena tentu Anda akan kesulitan ketika ingin menjualnya kembali dengan harga wajar.

  1. Klasifikasi tanah

Secara umum dapat diklasifikasikan menjadi 4 kategori, yaitu : komersial, perumahan, industri dan pertanian.
Dengan mengetahui jenis tanah, tentunya akan sangat membantu  kita untuk mencari properti yang kita inginkan sesuai dengan kebutuhan.

  1. Pendapatan Pasif

Apakah properti tersebut berpotensi mendatangkan pendapatan pasif ? Apakah ada penyewa atau calon penyewa ?
Berapa harga yang sudah ditawarkan penyewa untuk properti tersebut?
Pilihan terbaiknya adalah pilihan investasi properti bisa menjadi “self-liquidating aset” yang menghasilkan pendapatan pasif sekaligus mampu membangun aset untuk anda. cobalah Pertimbangkan skenario sebagai berikut : Beli properti di tempat yang cukup strategis , yaitu lokasi yang cukup diminati para penyewa. anda tidak perlu membayar secara tunai dari keseluruhan harga properti tersebut, anda cukup membayar uang muka dan biarkanlah  penyewa membayar cicilannya dari biayan sewa bulanan. Luar biasa bukan ?

  1. Status tanah

Sertifikat tanah merupakan dokumen hukum yang menjelaskan atas status kepemilikan. periksalah secara teliti mengenai status surat tanahnya, pastikan nama yang tercantum di surat tanah sesuai dengan nama pihak yang akan menjual tanah tersebut? Apakah penjual memiliki hak hukum untuk melakukan transaksi tersebut? jangan lupa untuk memastikan Berapa meter persegi luas tanah tersebut?

  1. Harga

Anda perlu merencanakan terlebih dahulu, berapa harga rumah yang mau Anda beli? Sehingga Anda lebih fokus di perumahan yang menawarkan harga sesuai yang Anda inginkan. Dengan demikian Anda bisa menghemat waktu untuk kegiatan lainnya.

  1. Renovasi

Jika properti yang akan Anda beli bernilai murah tetapi banyak kerusakan sehingga membutuhkan biaya lebih, perhitungkan biaya renovasinya.

Beberapa rumah yang kondisi fisiknya kurang baik biasanya hanya menerima pembelian secara tunai, selain itu jika membeli lewat KPR, bank akan menilai rumah tersebut di harga yang sangat rendah.

  1. Pembayaran PBB

Properti termasuk barang yang terkena pajak. Dengan melihat Surat pemberitahuan PBB, tentunya kita akan dapat mengetahui berapa nilai dari properti yang akan kita beli. Pastikan bahwa PBB atas properti yang akan kita beli sudah dilunasi agar tidak menjadi beban di kemudian hari.

Setelah memutuskan membeli rumah, alokasikan biaya tambahan diluar harga beli rumah. Biaya tambahan ini biasanya meliputi Ppn, biaya KPR, biaya peningkatan BPHTB dan sebagainya. Kisarannya beragam, dan untuk berjaga-jaga biasanya besaran biaya tambahan ini berkisar 10 persen.

  1. Masalah lain

Masalah lain yang perlu Anda pertimbangkan sebelum melakukan pembelian properti adalah ada atau tidaknya penghuni / penyewa ilegal. Karena biaya untuk mengusir orang-orang ilegal ini cukup besar, selain itu mereka juga dapat mencuri sesuatu yang memiliki nilai pasar dari properti anda.

  1. Lelang

Jika ingin mendapat keuntungan saat membeli properti, sebaiknya Anda juga harus sering-sering cek info pelelangan rumah.

Di tempat ini Anda akan menemukan penawaran terbaik dan jika beruntung rumah yang bagus juga bisa Anda dapatkan dengan harga murah.

Demikian hal-hal yang terlihat sepele tetapi sering kali menjadi masalah besar jika tidak anda perhatikan dengan baik. semoga artikel ini bisa bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Compare Listings