fbpx
Advanced Search
More Search Options
we found 0 results
Your search results

Faktor Pertimbangan Dalam Memilih Apartemen

Posted by Hendy on Juni 24, 2017
| 0

Apartemen merupakan salah satu pilihan tempat tinggal yang kini semakin digemari oleh masyarakat Indonesia, termasuk di kota Malang. Memiliki sebuah apartemen merupakan gaya hidup baru di Malang. Sudah banyak berbagai apartemen di Malang yang bersaing memprioritaskan poin keunggulannya.

Bagi Anda yang ingin hidup dengan cara berbeda dan lebih terlihat elegan, Anda bisa memilih Apartemen di Malang yang menurut Anda cocok dan menarik.

Tetapi? sebelum memutuskan untuk membeli apartemen, perhatikan dulu beberapa mengenai apartemen tersebut. Berikut dapat Anda simak beberapa faktor pertimbangan dalam memilih apartemen:

Pertama, pilihlah lokasi yang strategis.

lokasi strategis

Maksudnya sesuaikan lokasi apartemen Anda kalau bisa Anda mencari lokasi yang berdekatan dengan pusat perbelanjaan, pusat kesehatan, atau jarak tempuh yang paling dekat dengan kantor, sehingga lebih efisien dalam menghemat waktu, biaya transportasi serta tenaga.

Kedua, apartemen yang sesuai kebutuhan.

sesuai kebutuhan

Pemilihan apartemen harus disesuaikan dengan kebutuhan Anda misalnya, apartemen tipe studio cocok untuk Anda yang saat ini masih lajang atau belum berkeluarga. Namun coba pikirkan kembali, apakah nantinya Anda membutuhkan apartemen untuk keluarga di masa depan. Pastinya kan? Jadi lebih baik Anda memilih apartemen tipe Two bedroom atau Junior 4, sehingga Anda tidak perlu melakukan investasi dua kali jika memang budget yang Anda miliki terbatas.

Ketiga, fasilitas yang di dapat.

fasilitas apartemen

Merupakan keunggulan yang penting pada apartemen dibandingkan dengan hunian lainnya. Pastikan tersedia berbagai fasilitas, seperti pusat kesehatan (kolam renang, fitness, jogging track dll), pusat perbelanjaan, restoran, tempat parkir yang nyaman, taman bermain anak-anak, atm, keamanan (Security, CCTV) dan lain sebagainya.

Keempat, perhatikan status tanah dan kelengkapan dokumen

status tanah

Dalam melakukan pembelian apartemen perlu diperhatikan status tanah bangunan apartemen dan juga tanah yang dipakai sebagai lahan bangunan apartemen bukanlah tanah sengketa atau berstatus sewa. Pastikan juga dokumen tidak bermasalah, seperti menjadi jaminan di bank atau  yang lainnya. Anda harus dengan teliti dan mempertanyakan bagaimana kelengkapan surat-surat serta legalitas unit apartemen yang akan Anda tempati, bila memungkinkan Anda bisa melakukan transaksi di depan Notaris agar menjadi kegiatan transaksi yang sah di mata hukum.

Kelima, jangan lupa untuk bernegosiasi

negosiasi

Setelah selesai mendapat informasi secara keseluruhan tentang fasilitas pada apartemen di Malang dan Anda cocok, sehingga anda tertarik untuk membelinya. Anda bisa membicarakan masalah harga yang diberikan, bagaimana tata cara pembayarannya untuk DP (uang muka), cicilan ataupun lainnya. Apabila memungkinkan, Anda dapat bernegosiasi langsung kepada pihak yang bersangkutan entah kepada Developer nya langsung atau kepada  Agent Property mengenai masalah harga yang diberikan.

 

Bertempat tinggal dimanapun pasti selalu ada keuntungan dan kerugiannya seperti di apartemen, rumah susun, ataupun perumahan. Berikut terdapat beberapa keuntungan dan kerugian tinggal di apartemen.

Keuntungan

  1. Lokasi jelas merupakan poin jual yang paling diutamakan
    Umumnya apartemen tengah kota, berdekatan dengan kantor, mal, bahkan rumah sakit. Dengan lokasi yang strategis, nyaris tak akan ada lagi waktu yang terbuang hanya karena kemacetan. Bahkan biasanya juga terdapat fasilitas pendukungnya seperti kolam renang, tempat jogging, taman bermain, atau yang lain.
  2. Lebih aman
    Saat mudik Lebaran, Anda bisa tenang meninggalkan apartemen karena pastinya ada penjagaan 24 jam dari sekuriti ataupun CCTV. Beda ketika Anda harus meninggalkan rumah yang tidak berada dalam komplek sistem satu pintu pasti nya selalu cemas.
  3. Lahan yang terbatas
    Biasanya luas apartemen tidak seberapa besar. Hal ini akan sangat memudahkan Anda untuk membersihkannya. Bahkan Anda tidak perlu menggunakan jasa asisten rumah tangga, lumayan kan ?.

Kerugian

  1. Anda harus membayar biaya perawatan dan service charge yang cukup mahal tiap bulannya
    Biaya ini termasuk biaya jasa keamanan, konsumsi listrik dan air untuk fasilitas umum, lot parkir yang diberikan. Biasanya besarnya tagihan berdasarkan luas unit apartemen yang Anda miliki.
  2. Tingkat sosialisasi lebih rendah dibandingkan jika Anda tinggal di wilayah perumahan.
  3. Sejumlah peraturan yang ditetapkan oleh pengelola gedung membatasi ruang gerak Anda
    Misalnya, tidak boleh membawa hewan peliharaan, atau Anda harus menahan untuk mendengarkan musik dengan volume keras yang akan mengganggu tetangga.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

  • Berlangganan Email




Compare Listings